Bagaimana cara membantu anak yang bicaranya “aneh-aneh”?


Dalam 3 hari terakhir anak suka ngomong sendiri (spt mengigo). Dan ngomongnya itu aneh-aneh (tentang kecelakaan dsb) sehingga membuat orang tua khawatir. Kalo ditanya oleh orang tuanya diam saja tidak menjawab. Bagaimana harus bersikap sebagai orang tua ?

Lebih sering ajak anak bermain. Kemudian katakan,”Kamu akhir2 ini suka ngomong sendiri. Kamu mau cerita sama Mama atau tidak, nggak apa2. Mama tetap sayang sama kamu. Kamu cerita apa saja, Mama janji nggak akan marah.” Kemudian perhatikan sikapnya pada hari2 berikutnya. Kemudian ketika sudah berkurang ngigaunya, katakan lagi, ”Kemarin-kemarin kamu ngomong yang Mama nggak ngerti. Ada apa? Lihat apa di dekat sekolah? Atau kamu mimpi?”

Seandainya ini bukan masalah anak satu-satunya, kemungkinan besar masalah anak sebelumnya juga ada hubungannya dengan keluhannya sebelum 3 hari terakhir tersebut. Seringkali apapun masalah anak (ataupun orang dewasa) terhubung dengan masalah-masalah lainnya yang pernah di alami sebelumnya. Ketika masalah-masalah tersebut teratasi, masalah-masalah yang terjadi sesudahnya juga ikut teratasi. Misalnya seorang anak yang sering dimarahi oleh orang tua biasanya ada yang menjadi anak penakut. Sehingga mudah jadi takut dengan berbagai macam hal, termasuk takut dengan hantu. Kemudian yang terlihat di mata orang tua adalah bahwa anak takut dengan hantu. Ketika orang tua menyadari hal ini, orang tua bisa minta maaf dengan anak karena telah sering memarahi & berusaha untuk mempraktekkan cara yang lebih baik dalam mendidik anak. Jika permohonan maaf dilakukan dengan cara yang efektif (PPPK), rasa takut anak terhadap orang tua akan jauh berkurang. Sehingga anak menjadi lebih berani & percaya diri. Tanpa di sadari anak, perasaan takut terhadap hantu-nya juga bisa ikut hilang.

Semoga Membantu.

Syahriar Rizza
Terapis Hati

Perihal Syahriar Rizza
Terapis Hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: