Normalkah Anak Lelaki yang Suka Bermain Boneka?


Seorang anak lelaki suka maen boneka (tapi bukan boneka nya anak wanita), apakah normal ? Apakah perlu dilarang anak laki bermain boneka ?

Adalah wajar ketika orang tua dari anak lelaki merasa kuatir kalau anaknya main dengan benda-benda yang biasanya dimainkan oleh anak perempuan. Takut jadi kayak perempuan atau lebih parah lagi ketika dewasa. Namanya anak-anak, kalau dilarang biasanya malah jadi makin ingin. Semakin dilarang bermain boneka, semakin ingin main boneka. Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya anak berkurang main boneka adalah dengan cara memberinya permainan yang lain yang lebih laki-laki, tentunya yang disukainya. Juga bisa mengajak Ayah supaya lebih sering main dengan anak laki-laki permainan yang lebih kelaki-lakian. Atau diberi tontonan TV, DVD atau VCD yang lebih kelaki-lakian. Atau diajak beli buku cerita atau komik mendidik (misalnya sejarah pahlawan, ilmuwan, dan lainnya) yang pemeran utamanya laki-laki.

Walaupun berbagai hal sudah dilakukan, pada beberapa anak laki-laki memang ada yang kecenderungannya seperti perempuan. Kalau dilihat dari sebabnya, mungkin pernah melihat atau mengalami bahwa laki-laki itu kurang baik. Mungkin melihat ortu, paman, kakek, guru laki-laki dan lainnya yang berbuat kurang baik, sehingga secara umum jadi menganggap laki-laki itu kurang baik, sehingga lebih memilih untuk bermain yang ke-perempuan-an.

Seandainya sepertinya tidak ada trauma seperti ini, semua baik2 saja, yang penting tetap berikan kasih sayang tanpa syarat kepada anak. Ada anak yang dilahirkan IQ tinggi/rendah, dengan wajah ganteng/kurang ganteng, dengan badan tinggi/pendek, dan lain sebagainya. Setiap anak mempunyai tantangannya sendiri dalam menghadapi kehidupan. Dengan kasih sayang tanpa syarat yang bisa di berikan, harapannya anak bisa berusaha untuk sukses dalam hidupnya bukan untuk orang tua, tapi untuk dirinya sendiri. Dan dia tahu bahwa dia adalah laki-laki, dan semakin dewasa akan secara rela lebih memilih untuk memilih mainan atau beraktifitas sewajarnya laki-laki. Untuk informasi lainnya tentang kehidupan anak, orang tua, suami atau istri.

Semoga Membantu.

Syahriar Rizza
Terapis Hati

Perihal Syahriar Rizza
Terapis Hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: